ISO 9001 dan Sistem Manajemen Sekolah

Sistem Manajemen Sekolah adalah tata laksana yang mengatur proses pengintegrasian, pengkoordinasian dan pemanfaatan elemen-elemen suatu Sekolah untuk mencapai tujuan Sekolah secara efisien.

Menurut L. Gullick ada 7 ( tujuh) fungsi manajemen, yaitu :
1) planning (perencanaan)
2) organizing (pengorganisasian)
3) staffing (penentuan staf)
4) directing (pengarahan)
5) coordinating (pengkoordinasian)
6) reporting (pelaporan)
7) budgeting (penganggaran)

Untuk mencapai efektivitas suatu Sistem Manajemen Sekolah maka perlu disusun Sistem Manajemen yang mampu mengakomodasi nilai – nilai yang dipelihara dan dikembangkan di Sekolah yang bersangkutan.

Ada beberapa standart sistem menajemen organisasi atau perusahaan, yang sudah diakui secara nasional maupun international, antara lain :

-  Sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

-  Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 (versi tahun 2000 atau 2008)

-  Sistem Manajemen Mutu MBPE (Malcolm Baldridge Performance Excellence)

-  Sistem Manajemen dengan model Balance Score Card (BSC)

dan lain sebagainya.

Kebijakan Direktorat Pendidikan Menengah Umum Depdiknas yang tercantum di dalam “Buku Panduan Manajemen Sekolah”, menyatakan bahwa bidang – bidang kegiatan pendidikan di sekolah, meliputi :

1. Manajemen Kurikulum

2.  Manajemen Kesiswaan

3.  Manajemen Personalia

4.  Manajemen Keuangan

5.  Manajemen Perawatan Sarana dan Prasarana Sekolah

ISO 9001 Sebagai Alternatif Pilihan Standart Sistem Manajemen Sekolah

ISO 9001 adalah sebuah Standart Internasional untuk Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System ) yang diakui secara Internasional.  Dengan menerapkan standart ISO 9001 maka suatu sekolah diharapkan memiliki konsistensi di dalam mengelola sekolah sesuai dengan peraturan yang berlaku, visi dan misi sekolah serta program – program sekolah yang telah dicanangkan dan disebar luaskan kepada masyarakat.  Disamping itu diharapkan ada suatu proses penyempurnaan berkelanjutan (Continual Improvement) terhadap kinerja sekolah sehiongga kualitas dan out put sekolah sebagai sebuah institusi pendidikan selalu menjadi lebih baik dan sempurna dari waktu ke waktu.

Sertifikasi ISO 9001

Sekolah bisa memilih untuk menerapkan sekaligus melakukan sertifikasi Standart Manajemen Mutu ISO 9001, walaupun sertifikasi ISO 9001 bukanlah sebuah keharusan.  Sekolah yang memiliki sertifikasi ISO 9001 (saat ini ISO 9001 : 2008) tentu saja memiliki kelebihan bahwa penerapan ISO 9001 di sekolah secara periodik (saat awal sertifikasi dan setahun sekali surveillance visit) akan di audit oleh Badan Sertifikasi ISO 9001.  Kehadiran pihak ketiga tersebut (Badan Sertifikasi) akan mendorong sekolah untuk secara efektif menerapkan dan memelihara ISO 9001 sebagai standart manajemen yang telah dipilihnya.

ISO 9001 adalah Suatu Alat bukan Beban Tambahan

Banyak pengalaman penerapan ISO 9001 di sekolah lebih merupakan suatu beban administrasi tambahan, khususnya menjelang audit sertifikasi dan surveillance visit.  Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak sekolah yang menerapkan ISO 9001 tidak konsisten dan hanya membanggakan sertifikat ISO 9001, padahal penerapan tidak efektif dan bahkan hanya merupakan beban waktu, tenaga dan biaya.

Seyogyanya hal ini harus diperbaiki karena ISO 9001 sesungguhnya sangat tepat dipergunakan sebagai standart manajemen yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan sekolah dan senantiasa dilakukan penyempurnaan kinerja sekolah secara terus menerus.  Hal ini mutlak harus diawali dengan Komitmen kepala Sekolah dan Pimpinan Sekolah serta dukungan dan peran serta Dewan Guru.

About these ads
Explore posts in the same categories: Manajemen Sekolah

6 Komentar pada “ISO 9001 dan Sistem Manajemen Sekolah”

  1. Mrs. x Says:

    bagaimana implementasi ISO di sekolah swasta? Apakah ISO ini hanya untuk sarana ataukah tujuan?

    • dodikpriyambada Says:

      Seharusnya ISO 9001 itu merupakan suatu sistem manajemen untuk mengelola jenis kegiatan atau bisnis apapun, yang berprinsip dasar bahwa sebuah institusi harus beroperasi secara konsisten sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pelanggannya (kalau di sekolah: murid, guru, orang tua, dan masyarakat) dan selalu melakukan penyempurnaan secara berkelanjutan.
      ISO 9001 dapat diterapkan di sekolah swasta, dan seharusnya menerapkan dan mensertifkasi sekolah dengan ISO 9001 adalah sebuah sarana untuk menuju kinerja pengelolaan sekolah yang lebih baik, dan secara berkelanjutan menjadi lebih baik.

  2. wiman sumaga rekapermana Says:

    asslmwrwb. Manageent ISO setuju dengn p Dodik. diperuntukan u mendapatkan improvement berkelanjutan, yg terukur, termonitor dan diorganisasikan u mencapai gold goal bagi manajemen.
    Namun alangkah lebih indahnya, jika manajemen iso dikombinasikan, atau berbasis syariah. Karena pertanggung jawaban tidak hanya kepada client tetapi juga di hadapan Allah, dan menggunakan cara yang diridhoi Allah.
    Insya Allah.

    Wiman SR
    Consulting for food safety & Management system berbasis syariah.

    • dodikpriyambada Says:

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh,
      Apa kabar pak Wiman?
      Saya sependapat untuk mengkombinasikan ISO 9001 dengan syariah.
      Beberapa prinsip Quality Management sudah sesuai sengan syar’i contoh: prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan prinsip berjamaah, Continual improvement sesuai dengan ajaran bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Mungkin perlu dijabarkan lebih lanjut, dan pak Wiman ahlinya … Mohon di share …

  3. Widi Says:

    ISO adalah Standart untuk menuju manajemen yang terintegrasi dan supportly
    artinya dengan ISO mutu Sekolah akan lebih teratur Adminstrasi pembelajarannya dan meningkatkan mutu pendidikan sehingga akan menjadi bersaing dkelas atas dlm lingkup pendidikan, jadi ISO bukan tujuan tapi sarana untuk mencapai Exelent Bisnis di lingkup Pendidikan dan krn sejatinya ISO 9001 adalah Kunci Sukses for Bisnis.

    • dodikpriyambada Says:

      Setuju Bp atau Ibu Widi, salah satu manfaat ISO 9001 adalah sebagai sistem yang menjaga konsistensi proses manajemen sekolah dan semangat untuk melakukan penyempurnaan. Boleh kita sebut ISO 9001 sebagai sarana untuk mencapai keberhasilan sekolah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: